14 Januari 2021 10:04 am

MENGEMBANGKAN FUNGSI MOTORIK ANAK

MENGEMBANGKAN FUNGSI MOTORIK ANAK
Saraf motorik merupakan kumpulan saraf di otak, tulang belakang, dan jaringan otot yang mengatur fungsi pergerakan otot tubuh. Kerja saraf motorik memungkinkan tubuh seseorang untuk melakukan berbagai aktivitas. Bagian motorik berperan untuk memberikan tanggapan atau reaksi tubuh terhadap rangsangan yang sudah diproses oleh sistem saraf pusat. Ketika terkena gangguan, misalnya karena penyakit saraf motorik, maka tubuh tidak dapat bergerak dengan normal atau bahkan tidak dapat bergerak sama sekali. Dokter spesialis anak dari RSAB Harapan Kita, Eva Devita, mengingatkan para orang tua agar memahami dan peduli terhadap tahap pertumbuhan dan perkembangan anak. Hal ini sangat penting agar dapat mendeteksi secara dini masalah pertumbuhan dan perkembangan anaknya.

Fungsi motorik anak bisa juga dikembangkan pada saat melakukan olahraga di air, contohnya berenang. Bahkan, hanya dengan bermain-main di airpun bisa mengembangkan fungsi motorik anak. Pada saat berenang, secara langsung maupun tidak langsung anak harus menggerakkan anggota tubuhnya, mulai kaki, tangan, hingga kepala. Hal ini membuat anak belajar bagaimana harus menggerakkan anggota tubuhnya dengan benar, sehingga fungsi motorik sang anakpun akan berkembang dengan baik.

Seorang balita yang masih belum bisa berjalan dan juga belum bisa merangkak sekalipun disarankan agar dikenalkan dan diajarkan berenang atau bermain air. Balita yang berada di air akan senang dan akan belajar menggerakkan kakinya karena menyentuh hal baru, memukul-mukulkan tangannya ke air karena bermain ciprat-cipratan dengan ayah bundanya. Hal inilah yang akan membantu balita merangkak dan kemudian berjalan. Balita akan semakin berkembang fungsi motoriknya terbukti dengan bisanya dia berjalan dan merangkak.
Blog Post Lainnya
OUR SOCIAL MEDIA
CONTACT US (chat only)
+6282335758866
floswimorder@gmail.com
METODE PENGIRIMAN
METODE PEMBAYARAN
LIPUTAN TV NASIONAL
@2021 Floswim Indonesia Inc.